Rumus Bangun Datar

Bangun datar adalah bangun dua dimensi yang dibatasi oleh garis lurus maupun Garis Lengkung. Pada Postingan berikut akan di sajikan rumus Bangun Datar. 

Jenis - Jenis Bangun Datar

Ada beberapa Jenis Bangun datar yang diketahui hingga saat ini, diantaranya sering kita lihat di kehidupan sehari hari. Terdapat beberapa jenis bangun datar yang sering kita pelajari seperti persegi, Persegi Panjang, Segitiga, Jajar Genjang, Trapesium, Belah Ketupat dan Lingkaran. Berikut ini adalah definisi dari setiap bangun datar tersebut.

Gambar Bangun Datar

Lihat Juga : Rumus Bangun Ruang

Nama-nama Bangun Datar (sumber)

  1. Persegi Panjang, yaitu bangun datar yang berupa segiempat yang mempunyai 2 pasang sisi yang sejajar dan sama panjang sera keempat sudutnya siku-siku.
  2. Persegi, yaitu bangun datar yang mempunyai 4 sisi, keempat sisinya sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku.
  3. Segitiga, yaitu sebuah bangun datar yang dibatasi oleh 3 buah sisi dan mempunyai 3 buah titik sudut. Macam macam segitiga berdasarkan panjang sisinya dibedakan menjadi 3 antara lain: segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang. Sedangkan berdasarkan berdasarkan besar sudutnya segitiga dibedakan menjadi 3 yaitu: segitiga tumpul, segitiga siku-siku dan segitiga lancip.
  4. Jajar Genjang, yaitu bangun datar yang berupa segiempat mempunyai sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar, serta sudut-sudut yang berhadapan sama besar.
  5. Trapesium, yaitu bangun datar yang berupa segiempat, yang memiliki sepasang sisi yang sejajar.
  6. Layang-layang, yaitu bangun datar yang berupa segiempat, yang mempunyai 2 pasang sisi yang berdekatan sama panjang dan kedua diagonal berpotongan tegak lurus.
  7. Belah Ketupat, yaitu bangun datar yang berupa segiempat, keempat sisinya sama panjang dan kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.
  8. Lingkaran, yaitu bangun datar yang terbentuk dari himpunan semua titik persekitaran yang mengelilingi suatu titik asal dengan jarak yang sama. jarak tersebut biasanya dinamakan r, atau radius, atau jari-jari.
Lihat Juga : What is Equation?

Rumus Bangun Datar

Pada gambar berikut akan menyajikan rumus bangun datar yang meliputi Rumus menghitung luas dan Keliling. 
Rumus Bangun Datar


Demikian kumpulan rumus Bangun Datar yang sering digunakan untuk pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jika ada pertanyaan seputar bangun datar, silahkan tinggalkan komentar. Jika adik- adik tertarik untuk mengikuti bimbel online tingkat SD dan SMP, silahkan kunjungi website bimbelonline.sebuahtutorial.com. Selamat Belajar

Lihat Juga : 

Visit our Website : sebuahtutorial.com

Rumus Bangun Datar Rumus Bangun Datar Reviewed by Rinaldi Gultom on November 30, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Sponsor

Diberdayakan oleh Blogger.