Cara Gampang Membuat Sitemap di Blogger

Pada sebuah blog, sitemap pada blog memiliki fungsi seperti daftar isi pada sebuah buku. Hal ini dapat membantu seseorang dalam mengenali isi dari blog yang kita buat. Pada dasarnya blogspot tidak menyediakan layanan ini secara otomatis, untuk itu seorang pemilik  blog atau seorang blogger dapat membuatnya secara manual. Berikut akan dibahas cara membuat sitemap untuk blogspot.

Cara membuat Sitemap untuk Blog


Langkah 1. Log in ke blogger

Untuk dapat membuat sitemap, yang pertama sekali kita lakukan adalah log in ke halaman blogger yang kita miliki

Langkah 2. Pilih 'Laman'. (Lihat Gambar).

sitemap


Langkah 3. Klik 'Laman Baru' pilih 'Halaman Baru'


Halaman baru


Langkah 4. Buat Halaman Sitemap

Jika telah terbuka. Isikan 'Judul laman' sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai contoh dalam blog ini kita gunakan kata 'Sitemap'. Setelah itu klik 'HTML'.

Lihat Juga : Cara Membuat Akun Guru Berbagi

 

Langkah 5. Masukkan script HTML berikut, copy paste saja.

<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://sebuahtutorial88.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Catatan : 
Gantilah Tulisan berwarna biru pada script di atas dengan alamat blog Anda. Jika sudah, silahkan publikasikan. Tapi jika tak merasa yakin, silahkan klik 'Pratinjau' dulu. Jika sudah oke, tinggal di publikasikan. Dengan menggunakan script diatas, maka tampilan nya akan memanjang terus kebawah, seperti gambar ini.
Sitemap Blog

Penutup

Demikian tutorial cara membuat sitemap blog untuk blogspot. Sangat Gampang kan? Selamat Mencoba.
Lihat Juga : Cara Berbagi RPP di Guru Berbagi

Cara Gampang Membuat Sitemap di Blogger Cara Gampang Membuat Sitemap di Blogger Reviewed by Rinaldi Gultom on September 03, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Sponsor

Diberdayakan oleh Blogger.