Perjalanan Virtual Ke Museum Nasional Indonesia secara virtual

 Di Indonesia terdapat banyak sekali museum baik yang bersifat kedaerahan maupun museum khusus seperti museum koleksi pribadi seperti Museum TB Silalahi Center di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara. 

Namun dari sekian banyak museum yang ada di Indonesia, Tidak semua yang menyediakan fasilitas perjalanan secara virtual. Salah satu museum yang memiliki teknologi secara virtual adalah Museum Nasional yang ada di Jakarta.

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Jakarta Pusat dan persis nya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. 

Berikut ini tutorial Perjalanan Virtual Ke museum nasional Indonesia:

1.Menuju Halaman Website

Untuk dapat menjelajah ke museum nasional Indonesia ini anda dapat mengakses halaman website https://artsandculture.google.com/partner/museum-nasional-indonesia

2. Mulai Melakukan Perjalanan

Setelah membuka halaman website di atas, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini dan mulailah mengakses koleksi museum. Klik JELAJAHI

3. Gunakan Navigasi Untuk menjelajah Museum

Museum ini terdiri atas 3 lantai, maka gunakan navigasi seperti gambar di bawah ini untuk menjelajah museum ini.



4. Mengumpulkan Koleksi Museum

berikut ini beberapa koleksi yang terdapat di museum tersebut  : (Definisi gambar dikutip dari beberapa sumber termasuk wikipedia)


1. Nekara 

Neraka adalah gendang perunggu berbentuk seperti dandang berpinggang pada bagian tengahnya dengan selaput suara berupa logam atau perunggu.


2. Kapak Genggam

Kapak genggam adalah sebuah batu yang mirip dengan kapak, tetapi tidak bertangkai dan cara mempergunakannya dengan cara menggenggam.


3. Kapak Corong

Kapak corong adalah suatu peralatan yang terbuat dari perunggu yang memiliki bagian tengah yang berongga dan fungsinya untuk menempatkan gagang.


4. Gerabah

Gerabah adalah salah satu hasil kerajinan tangan dimana berbahan dasar tanah liat, pasir dan di bentuk menggunakan tangan.


5. Patung Masnjuri


6. Patung Ganesha
Ganesha adalah salah satu Dewa yang terkenal dan banyak dipuja oleh agama Hindu. Ganesha juga dikenal sebagai Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan, Dewa Pelindung, Dewa Penolak Bala/Bencana dan Dewa Kebijaksanaan.



5. Penutup

Demikian tutorial untuk melakukan perjalanan virtual ke Museum Nasional Indonesia. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Perjalanan Virtual Ke Museum Nasional Indonesia secara virtual Perjalanan Virtual Ke Museum Nasional Indonesia secara virtual Reviewed by Rinaldi Gultom on Mei 14, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Sponsor

Diberdayakan oleh Blogger.